Beranda

Kamis, 13 November 2014

The Right Media & Channel

"The More Information , The More Confusion"
-Jack Trout

Mengutip Kalimat jack Trout , seorang pakar strategi marketing dunia,"The More Information , the more confusion".Kutipan tersebut lebih kurang bermakna , banyak informasi , semakin bingung . Kutipan diambil dari buku bet seller yang ditulisnya , The New Positioning.

Ada Fakta menarik seorang peneliti jerman menyatakan , hanya 80 persen informasi yang mampu kita ingat setelah 24 jam. Kemampuan ini hilang begitu saja jika informasi yang diterima dalam keseharian hidup kita begitu banya (overload) . Intinya kemampuan pikiran (minds) kita terbatas dan pikiran bisa kehilangan fokus.

Fakta berikut mungkin bisa membuat anda berdecak kagum dan terkejut. Informasi yang dihaslikan selama kurun waktu 30 tahun terakhir. Lebih dibanding 5.000 tahun yang lalu. Lebih dari 5.000 buku dicetak diseluruh dunia setiap hari. Dalam satu minggu , edisi koran the new york times berisi lebih banyaj informasi dari yang didapatkan kebanyakaan orang untuk seumur hidupnya diabad ke 17.

  • PR-FASILITATOR YANG UNGGUL

PR mempunyai fungsi utama sebagai penerjemah visi dan misi perusahaan,Untuk itu PR harus mampu menyediakan media komunikasi yang efektif bagi organisasi perusahaan dan semua publik internalnya.Dengan kata lain PR internal adalah Fasilitator yang dituntut kreatif sehingga media komunikasinya harus mampu menerjemahkan konsep secara jelas kepada staf anda. Hasilnya adalah efek positif , yang pada akhirnya , meningkatkan kinerja dan laba perusahaan anda.

Dilihat dari persefektif yang lebih strategis , meranacang program internal PR memerlukan kreatifitas sekaligus pemikiran sebagai seorang pakar pemasaran. Para karyawan dengan sukarela akan memberikan masukan perihal produk  terbaru bahkan anda mungkin tidak perlu repot membuat Fokus Group Discussion (FGD) lagi.

PR Team Harus info to loop sejak awal suatu program marketing atau advertising dilakukan.Internal PR , sebagai seorang praktisi , harus mendapatkan objektif bisnis program tertentu dari organisai secara detail untuk bisa membuat program kerja yang jelas dan komprehensif. Hal ini menentukan dari segmentasi level mana yang jelas agar setiap karyawan bisa terlibat dalam memberikan Komitmen.

  • CARI MEDIA YANG PALING EFEKTIF

Tidak semua media dan Channel cocok untuk diterapkan pada tiap-tiap perusahaan. Prinsipnya , dengan channel Kemajuan untuk diterapkan pada tiap-tiap perusahaan.Banyangkan jika bisnis anda mempunyai 33 cabang dari sorong (Papua) , Sabang (Aceh) , hingga kepulauan Seribu sekalipun . Dan CEO serta senior manager ingin informasi produk terbaru harus diinformasikan sesegara mungkin paling Efektif.

Diagram berikut menjelaskan lebih jauh korelasi antara media komunikasi , baik itu yang berbentuk spoken (Langsung) , written (tertulis) hingga mixed media (media bauran)

  • MEDIA VERBAL

Berikut dijelaskan gambaran tentang beberapa aspek dari media verbal. Ada 7 ada media Verbal . Semua bisa anda gunakan sesuai dengan pesan yang inginkan , target sasaran , dan tujuan dari program komunikasi.
Hal ini bisa kita lihat lebih jauh :
1. TEAM BRIEFINGS
2. WEEKLY MEETING
3. STAFF MEETING
4. CONFERENCES
5. WALKING THE JOB
6. TELEPHONE LINE
7. INDIVIDUAL MEETINGS.

  • PRINTED MEDIA CHANNEL

1. MAJALAH INTERNAL
Majalah ini bisa didesain secara sistematis dengan isi pesan yang cukup jelas.
2. STAFF ANNUAL REPORT
Publikasi ini ditertbitkan pertahun dan berisi aktifitas dengan kinerja perusahaan.
3. DIRECT MAIL
Biasanya berbentuk buku kecil atau newsletter kecil.
4. PAMFLET
Digunakan untuk program tertentu dan bersifat membangun semangat tim antar departemen dan perusahaan.
5. POSTER
Digunakan untuk program tertentu dan bersifat membangun kesan serta ingatan publik terhadap perusahaan.
6. SUGGESTION SCHEME
Ditujukan untuk menampung aspirasi atau ide-ide tertentu dari staff.
7. STAFF JOURNAL.
Sarana ini lebih besar dari pada majalah internal , lebih kecil dan bersifat lebih priodik.

  •  Alat Komunikasi Pendukung 
Peralatan Komunikasi sangatlah penting contohnya , Computer/Notebook , Graphic Design Software , Video Editing Sofware , Display , Internet Acces , Scanner , Photo Camera , dll.
Alat tesebut sangatlah penitng dan seorang PR harus mampu menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar