Beranda

Kamis, 08 Januari 2015

Resep Makanan

Cara Membuat Donat Sederhana, Lembut dan Enak

Cara membuat donat memang mudah bagi yang sudah terbiasa, namun bagi orang yang tidak tahu atau tidak pernah membuatnya tentu akan terasa sulit. Oleh sebab itu mari kita pelajari bersama cara sederhana membuat donat.
Membuat donat yang lembut bisa dengan beberapa cara. Cara umum yang digunakan dan yang  mudah adalah dengan menggunakan ragi pada adonan yang membuat donat bisa mengembang lebih lembut dan empuk dan dimasak dengan cara digoreng. Cara ini sangat sederhana sehingga banyak yang menggunakan cara ini.
Kekurangan membuat donat dengan cara ini adalah bentuknya yang tidak teratur karena tanpa menggunakan cetakan, jadi langsung kita bentuk dengan tangan dan kita goreng. Oke mari kita lihat resep donatnya.

Bahan – bahan membuat donat:

  • 3 sendok teh ragi bubuk/kering
  • 1 1/2 (1,5) cangkir susu
  • 1/4 (0,25) cangkir air hangat
  • 1/2 (0,5) cangkir gula putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1/3 cangkir shortening
  • 5 cangkir tepung
  • 2 butir telur ayam
  • 1 liter minyak goreng
* Shortening adalah bahan terbuat dari minyak nabati yang 100% lemak sehingga mampu membuat adonan menjadi lebih lembut, empuk dan berkembang. Sebagai alternatif bisa gunakan mentega namun kemampuan membuat adonan donat mengembang berbeda, tidak sebagus menggunakan shortening karena mentega atau butter hanya 85% lemak.

Cara Membuat Donat:

1. Campur ragi dan air hangat
campurkan air hangat dan ragi untuk donatRagi adalah bahan yang membutuhkan air hangat untuk mengaktifkannya, dengan mencampur ragi dan air hangat membuat ragi aktif dan hal inilah yang kemudian akan membantu adonan donat kita nanti akan mengembang. Untuk mengaktifkan ragi ini kita campur dan diamkan selama kurang lebih 5 menit didalam mangkok atau wadah kecil.
2. Campur bahan utama adonan donat
adonan donat kering dan basah dicampurSiapkan waskom atau wadah yang cukup besar untuk mencampur bahan-bahan utama kita untuk membuat adonan. Campur susu, gula, garam, shortening dan 2 cangkir tepung. Sambil anda aduk dan campur, masukan campuran air ragi yang sudah kita buat sebelumnya. Aduk terus secara berlahan hingga bercampur. Cara mengaduknya bisa gunakan sendok makan dipadu dengan tangan supaya adonan mencampur dengan baik. Sambil menggunakan sendok masukan secara 3 cangkir sisa tepung dengan memasukan 1/2 cangkir secara bertahap. Aduk sambil tekan sendok supaya tepung bercampur dengan baik.
 3. Lembutkan adonan
  • diamkan adonan donat lebih lembutSetelah adonan tercampur dalam waskom, anda bisa keluarkan adonan dari waskom dan tempatkan pada telenan atau bidang datar. Lalu uleni atau remas dan campur adonan kurang lebih selama 5 menit hingga adonan menjadi lembut dan elastis.
  • Buat atau bentuklah adonan/ulenan tadi menjadi agak lebar lalu tutup dengan kain hingga adonan mengembang menjadi 2 kali lipat, atau kurang lebih selama 1 jam. Untuk mengetahui adonan sudah siap atau belum, cukup tekan adonan dengan jari, jika lubang karena tekanan tidak kembali maka adonan sudah siap.
4. Membentuk adonan jadi bentuk donat
  • mulai membentuk donatSetelah adonan mengembang karena proses sebelumnya, maka kita bisa membentuk adonan tadi menjadi melingkar dan berlubang. Cara membentuk donat cukup mudah, ambilah adonan kurang lebih satu genggaman (dalam bahasa jawa dicuil) lalu bulatkan. Ingat tidak perlu besar – besar karena nanti akan mengembang lagi setelah didiamkan.
  • adonan sudah berbentuk donatDari adonan yang sudah anda buat menjadi bulatan kecil tadi cukup masukan jari hingga berludang dan buatlah menjadi seperti cincin, maka jadilah bentuk donat.
  • Tutup adonan yang sudah berbentuk donat dengan kain untuk membuat donat lebih mengembang kurang lebih 30 – 40 menit, maka donat akan mengembang jadi 2 kali lipat.
5. Membuat perasa donat
Untuk perasa atau pemanis donat tergantung dari selera anda, ada yang hanya menggunakan gula halus dan ada yang menggunakan coklat atau bahkan pisang. Inilah yang nanti akan membedakan apakah anda membuat donat manis, donat coklat, donat pisang dan lain-lain. Semua tergantung selera anda.
Namun kali ini saya akan membuat perasa spesial untuk donat kali ini yang mengkin tidak begitu populer untuk anda. Tapi percaya, buat saya ini membuat donat enak dan nikmat karena perpaduan asin mentega dan manisnya gula halus.
  • Lelehkan mentega pada wajan atau mangkok besi dengan api sangat kecil saja perasa donathingga tentega dukup meleleh saja.
  • Campurkan gula halus dan sedikit vanili, atau gula saja juga tidak apa-apa.
  • Beri sedikit air untuk membuat lebih mudah diaduk, kurang lebih satu sendok makan saja. Jangan terlalu banyak air karena membuat perasa ini tidak bisa menempel dengan baik ke donat jika terlalu cair.
  • Aduk dan campur dengan cepat hingga bercampur semua dan gula ikut seperti mencair dalam perasa ini.
6. Menggoreng Donat
Setelah semua siap, saatnya anda menggoreng donat. Cara ini yang umum digunakan dari donat matang lembutpada membuat donat dengan cara dioven. Panaskan minyak kedalam penggorengan atau wajan dengan api sedang dengan panas kurang lebih 175° celsius. Anda bisa gunakan termometer jika ada. Atau cukup lihat apakah minyak sudah cukup panas. Perlu diketahui dalam membuat donat, menggoreng donat perlu kepanasan minyak yang sesuai supaya rasa donat tidak terpengaruh oleh rasa minyak dan jangan terlalu panas supaya tidak gosong.
Goreng donat dan balik menggunakan penjepit jika sudah coklat keemasan atau donat sudah mengambang sebagai tanda donat sudah matang.
7. Olesi donat dengan perasa
Nah, sekarang sudah selesai membuat donatnya. Bagian akhir menyiapkan donat ini olesi donatadalah dengan mengolesi perasa spesial yang sudah kita siapkan sebelumnya.
Saat masih hangat langsung oleskan satu sisi donat dengan cara langsung celupkan kedalam adonan perasa supaya perasa menempel pada donat dan membuat donat kita menjadi lebih nikmat dan enak.

Wah.. Donat kita sudah siap untuk disantap dengan teh hangat. Dinikmati disore hari terasa pas dengan donat buatan sendiri yang lembut dan nikmat.. dengan resep donat yang sederhana.
Cukup mudah dan sederhanakan cara membuat donat? Selamat mencoba dan menikmati donat buatan sendiri, dijamin rasanya tidak kalah dengan donat merk luar sekalipun..hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar